5 Resep Lemper Isi yang Enak dan Lezat

Kamu yang belum punya pengalaman memasak lemper jangan khawatir. Pasti langsung bisa membuatnya. Karena mudah sekali dan bisa memasak lemper ini di rumah tanpa perlu kursus masak. Buat yang penasaran bagaimana resep lemper isi yang enak dan lezat, yuk simak 5 resep lemper isi yang enak dan lezat berikut ini:

1.Lemper Isi Ayam

resep lemper isi ayam

Bahan-bahan:

250 gram beras ketan
65 mili liter santan
2 lembar daun salam
2 lembar daun pandan
150 ml air
1/2 sendok teh garam
secukupnya isian ayam
secukupnya daun pisang

Cara Membuat Lemper Isi Ayam:

Rendam beras ketan kira-kira 2 jam. Lalu cuci bersih dan kukus selama 15 menit. Rebus santan, air, daun pandan, daun salam dan garam. Angkat kukusan bila sudah 15 menit. Tuang beras yang sudah setengah matang kedalam rebusan santan tadi. Aduk rata dan diamkan hingga air santan meresap habis kedalam beras ketan. Kukus lagi selama 30 menit.

Sambil menunggu siapkan daun pisang untuk membungkus dan siapkan tumis ayam untuk isian. Angkat ketan yg sudah matang bagi menjadi 2. Letakan separuh atau setengah ketan untuk lapisan pertama di dasar loyang, tekan-tekan menggunakan sendok nasi. Lalu beri lapisan kedua (tumis ayam) ratakan sampai semua permukaan ketan tertutupi. Buat lapisan ketiga dengan ketan sebagai penutup. Ratakan sampai permukaan loyang tertutupi.

Tekan dengan lembut. Potong menjadi beberapa bagian. Lalu bungkus dengan daun pisang. Supaya rapi, saat membungkus dengan daun bisa gunakan selotip atau streples untuk memastikan daun tidak lepas. Lemper bisa terbungkus rapi dan siap untuk di hidangkan

2.Resep Lemper Bakar isi ayam

resep lemper  bakar isi ayam

 

Bahan-bahan:

2 liter beras ketan putih, cuci lalu rendam semaleman
1000 ml air santan
2 lembar daun pandan
3 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
garam secukupnya

Bahan Isian:

500 gr daging ayam
2 siung bwng putih
3 siung bwng merah
1 sendok teh ketumbar
2 buah kemiri
1 lembar daun salam
1 batang serai
200 ml air santan
2 lembar daun jeruk
garam dan gula pasir secukupnya
daun pisang secukupnya

Cara Membuat Lemper Bakar isi ayam:

Cuci bersih ketan lalu diamkan semalaman. Kukus beras yang sudah direndam, selama 25 menit. Rebus ayam matang. Setelah ayam direbus, tiriskan lalu suwir-suwir halus. untuk bumbunya, sangrai ketumbar dan kemiri, lalu haluskan ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan serai yang sudah dimemarkan, setelah wangi masukkan santan lalu ayam yang sudah disuwir, aduk-aduk tambahkan garam dan gula, aduk hingga rata, tes rasanya, masak hingga habis santannya.

Jika ketan yang dikukus hampir matang, masak santan ditambahkan daun pandan, daun salam dan serai yang sudah dimemarkan, lalu beri garam secukupnya, aduk-aduk hingga mendidih, lalu matikan api, dan masukan ketan tadi yang sudah dikukus ke dalam santan yang telah matang, aduk lalu  ratakan, biarkan santan terserap, lalu buang serai, daun salam dan daun pandan, lalu kukus kembali ketan sekitar 30 menit hingga matang.

Potong-potong daun pisang sesuai kebutuhan untuk membungkus lemper lalu bersihkan. Untuk  lebar daun ada 2 macam, yang untuk 5 cm untuk menggulung lemper dan lebar untuk sekitar 20 cm – 25 cm untuk membungkus lemper.

Penyelesain: ambil 2 sendok makan ketan yang sudah masak dan masih panas lalu pipihkan, masukan 1 sendok teh bahan isian, lalu tutup dan bentuk lonjong, tangan saya menggunakan plastik supaya tidak lengket, lalu gulung ketan dengan daun pisang yang kecil, lalu bungkus dengan daun pisang yang untuk besar. Bentuk sesuai selera.

Setelah semua rapi dibungkus daun, lalu panggang, saya menggunakan happycall, olesi happycall dengan sedikit minyak goreng, setelah panas tata lemper diatas happycall, masak hingga aroma daun tercium wangi dan daun ada sedikit efek gosong di daun lalu hidangkan.

3.Resep Lemper Isi Abon

resep lemper isi abon

 

Bahan-bahan:

250 gram beras ketan putih, rendam sejam, tiriskan
150 mili santan sedang
1/2 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
2 lembar daun salam

Bahan Isian:

abon tuna/abon ayam/abon sapi
daun Pisang secukupnya untuk membungkus
tusuk lidi

Cara Membuat Lemper Isi Abon:

Kukus ketan setengah matang kurang lebih selama 15 menit. Dalam panci,rebus santan, garam,daun salam dan daun pandan hingga mendidih,matikan api. Masukkan ketan yang telah dikukus ke dalam santan rebus, aduk-aduk hingga santan terserap habis. Didihkan dandang kukusan dengan api sedang, kukus lagi ketan hingga matang sekitar 30 menit.

Penyelesaian: Ambil selembar daun pisang,taruh secukupnya ketan kukus,ratakan kemudian beri isian abon, gulung dan padatkan, semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi/lidi,bakar sebentar di atas teflon hingga harum, potong-potong, sajikan hangat.

4.Resep Lemper Isi Daging Sapi

resep lemper isi daging sapi

Bahan-bahan:

1 kilogram beras ketan putih, cuci bersih, rendam selama 6 jam, lalu tiriskan
2 gelas santan dari 1 butir kelapa
1 sendok makan garam
3 sendok makan gula pasir
2 lembar daun pandan

Bahan Isian:

300 gram daging sapi giling
1 gelas santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu halus Isian:

7 butir bawang merah
4 butir bawang putih
1/2 sendok makan ketumbar
4 butir kemiri
1/2 sendok teh lada bubuk
1/2 sendok teh garam
1/2-1 sendok makan gula pasir

Bumbu Cemplung Isian:

1 lembar daun salam
1/2 jempol lengkuas, geprek

Cara Membuat Lemper Isi Daging Sapi:

Cara membuat isian: campur jadi satu semua bahan isian, bumbu halus dan bumbu cemplung, masak sampai santan habis dan mengering, sisihkan.Panaskan panci kukusan sampai airnya mendidih.Kukus ketan selama 15-20 menit/sampai ketan setengah matang.

Sementara itu, rebus santan dan daun pandan sampai mendidih tapi tidak pecah. Dalam sebuah baskom, masukkan ketan, gula, garam dan santan hangat beserta daun pandannya, aduk rata sampai santan terserap habis oleh ketan
Kukus kembali ketan selama 25 menit, angkat.

Ambil selembar daun pisang, beri 2 sdm ketan, beri 1 sdt munjung bahan isian, kepal2, bungkus seperti lontong, tumbuk2 ujungnya menggunakan pelepah daun pisang atau roll pin kecil agar ketannya padat, sematkan dengan lidi. Kukus selama 45 menit, angkat, angin2 kan di atas nampah. Hidangkan.

 

5.Resep Lemper Goreng Isi Ayam

resep lemper goreng isi ayam

Bahan-bahan:

250 ml santan
2 lembar daun pandan
500 gr beras ketan
Garam secukupnya

Bahan Isian:

1 lembar daun salam
100 mili santan
1 bungkus bumbu opor siap pakai
1 sendok makan minyak goreng
300 gram ayam fillet

Pelapis:
2 butir telur, kocok lepas
200 gram tepung panir

Cara Membuat Lemper Goreng Isi Ayam:

Sebelum memulai pembuatan, rendam terlebih dahulu beras ketan selama 2 jam. Selagi merendam, rebus ayam fillet sampai tekstur daging sedikit lembut. Setelah daging terasa empuk, angkat dan dinginkan. Suwir-suwir daging ayam yang sudah dingin tadi.

Setelah proses perendaman beras ketan selesai, cuci beras tersebut dan kukus selama 15 menit. Panaskan minyak goreng diatas penggorengan. Tumis bumbu opor hingga wanginya tercium. Masukan daging ayam dan aduk hingga rata. Tambahkan 100 mili liter santan dan daun salam kemudian masak hingga matang dan kuah opor santan mengering.

Setelah itu angkat daging dan dinginkan dalam sebuah wadah. Panaskan 300 mili liter santan dan masukkan garam serta daun pandan. Campur ketan ke dalam santan yang sudah panas kemudian aduk hingga merata lalu diamkan selama 15 menit sampai santan meresap.

Setelah santan meresap kedalam ketan, angkat dan kukus kembali selama 30 menit atau sampai matang. Ambil satu sendok makan ketan dan kemudian isi dengan ayam, lalu bentuk adonan menjadi bulatan. Lakukan kegiatan ini sampai kedua bahan habis. Siapkan telur yang sudah dikocok lepas.

Kemudian celupkan adonan ke dalam telur dan gulingkan di atas tepung panir. Lakukan langkah ini sebanyak dua kali di setiap adonan. Panaskan minyak dan goreng adonan lemper ini sampai kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *