7 Jenis Makanan Sehat untuk Mengobati Radang Sendi

Radang sendi (arthritis) merupakan suatu penyakit yang menyebabkan terjadinya inflamasi di dalam satu atau beberapa sendi. Umumnya gejala yang dirasakan penderita seperti rasa sakit, bengkak, kemerahan, atau sensasi hangat pada sendi yang meradang. Penyakit ini juga bisa menimbulkan rasa sendi menjadi kaku dan sendi sulit untuk di gerakan.

Umumnya Faktor risiko terkena radang sendi bisa  meningkat seiring pertumbuhan usia. Selain usia,ada faktor lainnya yaitu obesitas, jenis kelamin, dan riwayat kesehatan keluarga dapat turut berpengaruh terkena radang sendi. Apalagi lagi jika Anda pernah mengalami cedera di suatu sendi, ada kemungkinan rasa sakit di sekitar sendi tersebut akan kambuh.

Mungkin banyak macam faktor penyebab radang sendi, mengkonsumsi makanan salah satu diantaranya . Contohnya, kondisi ini terjadi akibat berat badan yang melebihi normal, atau tingginya kadar asam urat karena konsumsi makanan yang tinggi akan purin. Namun, selain menjadi pencetus penyakit, berbagai penelitian menemukan bahwa banyak sekali jenis makanan yang sangat bermanfaat  terhadap sendi. Berikut ini jenis makanan sehat untuk sendi di antaranya:

1.Makanan yang Mengandung Omega 3

jenis makanan sehat ikan

Jenis makanan sehat ini memiliki Omega 3 yang memiliki efek anti radang alami. Zat ini mudah ditemukan pada:

  •  Ikan salmon, tuna, sarden, atau ikang kembung, kakap, tongkol.
  •  Kacang kedelai, tahu, tempe, dan edamame.

2.Makanan yang mengandung Kalsium dan Vitamin D

Jenis makan sehat ini mengandung Kalsium dan Vitamin D yang mempunyai fungsi menguatkan tulang. Vitamin D juga berperan penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh, serta meningkatan sistem imun. Kedua zat ini banyak terkandung pada:

  • Susu sapi dan produk olahannya seperti yoghurt atau keju.
  • Sayuran hijau.

Di antara sayuran berdaun hijau lain yang mengandung kalsium dan vitamin D, brokoli mengandung komponen khusus bernama sulforaphane yang diyakini dapat menghambat perjalanan penyakit osteoarthritis.

3.Kacang-kacangan

jenis makanan sehat kacang-kacangan

Jenis makanan sehat ini cocok untuk anda yang berniat untuk menurunkan berat badan dan menghindari radang sendi karena .Karena salah satu faktor utama pemicu radang sendi yaitu berat badan berlebih. Konsumsi kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan, karena kaya akan serat, protein, kalsium, magnesium, seng, vitamin E. Alpha linoleic acid (ALA) di dalamnya  juga dapat membantu menguatkan system kekebalan tubuh.

4.Buah-buahan

jenis makanan sehat buah nanas

Sitrus

Buah-buahan kelompok sitrus seperti jeruk, jeruk keprok, dan lemon, sarat dengan kandungan vitamin C, komponen makanan yang diperlukan untuk sintesis kolagen, yang membantu membangun dan memperbaiki pembuluh darah, tendon, ligamen, dan tulang.

Buah jeruk juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Seperti kita tahu, antioksidan adalah senyawa yang ampuh untuk melawan peradangan. Total asupan vitamin C yang dianjurkan adalah 75 mg perhari untuk wanita dewasa, dan 90 mg perhari untuk pria dewasa.

Buah Ceri

Sebuah studi oleh para peneliti dari Michigan State University menemukan bahwa ceri tart adalah sumber anthocyanin yang baik. Anthocyanin memiliki efek anti-inflamasi yang lebih kuat dari aspirin. Anthocyanin dalam buah ceri adalah antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan dengan menghambat produksi bahan kimia inflamasi tertentu.

Buah Beri

Banyak  menyarankan agar  memasukkan satu porsi atau lebih kelompok buah beri segar atau beku (blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, atau huckleberries) ke dalam menu makan. Kelompok jenis makanan sehat buah beri padat akan senyawa antioksidan seperti proanthocyanidin dan asam elagik, yang mampu melawan peradangan dan kerusakan sel. Buah ceri, stroberi, blueberry, dan blackberry mengandung anthocyanin, yang memiliki efek anti radang.

Buah Nanas

Enzim yang dikenal sebagai bromelain yang terkandung dalam nanas bermanfaat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas dapat membantu mengurangi peradangan sendi.

Buah Delima

Delima memiliki efek antioksidan dan anti radang, serta melindungi tulang rawan dari kerusakan

Buah Alpukat

Buah alpukat memang sangat kaya akan lemak baik yang baik untuk kesehatan sendi kita, selain itu juga mempunyai khasiat lain yaitu alpukat mengandung lutein yang baik untuk kesehatan mata kita.

Buah Anggur

Buah anggur anggur mengandung antioksiadn tinggi yang berasal dari golongan senyawaantosionin dan flavanoid. Senyawa flavanoid ini bermanfat bagi kesahatan  sendi kita

Buah Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa yang mengandung senyawa alkanoid, saponin, flavanoid, dan poipenol yng bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi kadar gula, anti alergi dan mengurangi radang sendi.

Jenis makanan sehat buah-buahan ini bisa di lakukan juga untuk menurunkan berat badan.

5.Teh hijau

jenis makanan sehat  mediterania

Penyakit radang sendi ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi teh hijau setiap hari. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat memperkecil resiko terserang penyakit radang sendi karena beberapa kandungan dalam teh hijau mampu melindungi tulang rawan terhadap kehancuran dengan cara menghalangi enzim yang menghancurkan tulang rawan.

Antioksidan polifenol yang terkandung di dalam teh hijau diyakini dapat mengurangi peradangan sendi dan memperlambat kerusakan tulang rawan. Selain itu, antioksidan EGCG (epigallocatechin-3-gallate) juga dapat menghambat produksi molekul penyebab kerusakan sendi pada kasus rheumatoid arthritis. Teh hijau telah digunakan untuk waktu yang lama karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Selain itu, penelitian teh hijau termasuk “paradoks Asia”, yang menyatakan bahwa peningkatan konsumsi teh di negara-negara Asia, dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dari penyakit jantung, arthritis dan bahkan mungkin memberikan perlindungan terhadap kanker.

6.Minyak zaitun

jenis makanan sehat mengandung ibufropen

Para ilmuwan tertarik dengan manfaat anti radang minyak zaitun karena nampaknya orang-orang yang menerapkan pola makan ala Mediterania memiliki risiko lebih rendah mengalami gangguan kesehatan terkait peradangan seperti nyeri sendi dan diabetes. Minyak zaitun murni diketahui mengandung senyawa ibuprofen. Ibuprofen biasa digunakan sebagai obat anti nyeri dan anti radang. Minyak zaitun mengandung oleocanthal, yang memiliki efek serupa dengan golongan obat anti radang non steroid. jenis makanan sehat ini masih jarang digunakan di indonesia.

7.Bumbu Rempah

jenis makanan sehat dari jahe

jahe

Jahe merupakan herbal yang memiliki banyak khasiat. Minuman jahe dan mengkompres dengan jahe adalah cara termudah untuk mengatasi pembengkakan akibat radang sendi. Jahe adalah obat terbaik untuk meringankan sakit sendi dan arthritis. Properti antiinflamasi dapat meringankan nyeri sendi juga. Minum beberapa cangkir teh jahe setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal. Dapat juga dicampur dengan kunyit dan fenugreek untuk hasil terbaik.

Seledri

Makan seledri mentah atau yang sudah dimasak merupakan salah satu cara melawan rematik. Seledri kaya mineral dan mengandung lebih dari 25 senyawa anti-inflamasi.

Kunyit

Pigmen pada kunyit yang disebut curcumin memiliki efek anti-inflamasi sehingga efektif untuk meredakan peradangan akibat arthritis. Kunyit adalah obat terbaik untuk meringankan nyeri sendi. Bahan aktif, kurkumin sekarang memiliki sifat antioksidan yang menyediakan khasiat menyembuhkan dengan cepat. Campur bubuk kunyit dan madu kedalam segelas susu hangat. Minum setiap hari untuk mendapatkan bantuan dari nyeri sendi.

Bawang

Jenis makanan sehat dari bawang seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, mengandung komponen diallyl disulphine yang dipercaya dapat menghambat aktivitas enzim yang berperan dalam kerusakan tulang rawan. Kandungan sulfur dan selenium hadir dalam bawang putih yang bermanfaat untuk mengobati arthritis dan nyeri sendi. Belerang meredakan nyeri sendi dan menyediakan bantuan cepat. Masukan bawang putih mentah dalam menu makanan sehari-hari anda dan rasakan perbedaannya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *